Ahad, 18 Februari 2018

BAB TENTANG ALAM KUBUR / ALAM BARZAKH.

° عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ اَحَدَكُمْ اِذَا مَاتَ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ بِاْلغَدَاةِ وَ اْلعَشِيّ اِنْ كَانَ مِنْ اَهْلِ اْلجَنَّةِ فَمِنْ اَهْلِ اْلجَنَّةِ وَ اِنْ كَانَ مِنْ اَهْلِ النَّارِ فَمِنْ اَهْلِ النَّارِ. يُقَالُ: هذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى يَبْعَثَكَ اللهُ اِلَيْهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. مسلم (4 : 2199)

Dari Ibnu 'Umar, bahawasanya Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya salah seorang di antara kalian apabila meninggal dunia akan diperlihatkan kepadanya tempat duduknya di waktu pagi dan petang. Jika ia termasuk ahli syurga, maka akan diperlihatkan syurga kepadanya. Dan jika ia termasuk ahli neraka, akan diperlihatkan neraka kepadanya. Lalu dikatakan kepadanya : "Ini adalah tempat mu sehingga Allah Swt membangkitkan kamu kepadanya pada hari qiamat."
(Hadith Riwayat Muslim : Juz 4, Hal. 2199)

° عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: بَيْنَمَا النَّبِيُّ ص فِى حَائِطٍ لِبَنِى النَّجَّارِ عَلَى بَغْلَةٍ لَهُ وَ نَحْنُ مَعَهُ اِذْ حَادَتْ بِهِ فَكَادَتْ تُلْقِيْهِ وَ اِذَا اَقْبُرٌ سِتَّةٌ اَوْ خَمْسَةٌ اَوْ اَرْبَعَةٌ. (قَالَ: كَذَا كَانَ يَقُوْلُ اْلجُرَيْرِيُّ) فَقَالَ: مَنْ يَعْرِفُ اَصْحَابَ هذِهِ اْلاَقْبُرِ فَقَالَ رَجُلٌ: اَنَا. قَالَ: فَمَتَى مَاتَ هؤُلاَءِ. قَالَ: مَاتُوْا فِى اْلاِشْرَاكِ. فَقَالَ: اِنَّ هذِهِ اْلاُمَّةَ تُبْتَلَى فِى قُبُوْرِهَا فَلَوْلاَ اَنْ لاَ تَدَافَنُوْا لَدَعَوْتُ اللهَ اَنْ يُسْمِعَكُمْ مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ الَّذِى اَسْمَعُ مِنْهُ، ثُمَّ اَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ. فَقَالَ: تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ. قَالُوْا: نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ. فَقَالَ: تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ. قَالُوْا: نَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. قَالَ: تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنَ اْلفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَ مَا بَطَنَ. قَالُوْا: نَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ اْلفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَ مَا بَطَنَ. قَالَ: تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ. قَالُوْا: نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ. مسلم (4 : 2199)

Dari Zaid Bin Tsabit, ia berkata : "Ketika Nabi Muhammad Saw berada di kebun banu Najjar dengan mengendarai baghal dan kami bersama baginda, tiba-tiba baghal tersebut berbelok dan berlari kencang sehingga hampir-hampir melemparkan baginda, lalu berhenti. Dan ternyata di situ ada enam, lima atau empat pusara (demikian yang dikatakan oleh Al-Jurairi). Lalu Nabi Muhammad Saw bersabda : "Siapa yang mengenali penghuni kubur ini?" Lalu ada seorang sahabat yang menjawab : "Aku". Baginda bertanya lagi : "Kapan mereka itu meninggal?" Sahabat tadi menjawab : "Mereka itu meninggal di dalam kemusyrikan." Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sesungguhnya umat ini akan di uji di dalam kuburnya. Sekiranya aku tidak khuatir bahawa kalian akan takut mengubur (mayat), tentu aku berdoa kepada Allah Swt agar Allah Swt memperdengarkan seksa kubur kepada kalian sebagaimana yang aku dengar." Kemudian baginda menghadap kepada kami lalu bersabda : "Mohonlah perlindungan kepada Allah Swt dari seksa neraka!" Lalu para sahabat pun berdoa : "Kami berlindung kepada Allah Swt dari seksa neraka." Baginda bersabda lagi : "Mohonlah perlindungan kepada Allah Swt dari seksa kubur!" Lalu para sahabat berdoa : "Kami berlindung kepada Allah Swt dari seksa kubur." Baginda bersabda lagi : "Mohonlah perlindungan kepada Allah Swt dari fitnah-fitnah yang tampak mahu pun yang tersembunyi!" Lalu para sahabat berdoa : "Kami berlindung kepada Allah Swt dari fitnah-fitnah yang tampak dan yang tersembunyi." Baginda bersabda lagi : "Mohonlah perlindungan kepada Allah Swt dari fitnah Dajjal!" Para sahabat berdoa : "Kami berlindung kepada Allah Swt dari fitnah Dajjal."
(Hadith Riwayat Muslim : Juz. 4, Hal. 2199)

° اِنَّ لِلْقَبْرِ ضَغْطَةً لَوْ كَانَ اَحَدٌ مِنْهَا نَاجِيًا لَنَجَا مِنْهَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ. احمد و ابن جرير

Sesungguhnya kubur itu mempunyai himpitan. Seandainya ada orang yang terlepas daripadanya, nescaya terlepaslah Sa'ad Bin Mu'dz daripadanya.
(Hadith Riwayat Ahmad Dan Ibnu Jarir)

° لَوْ نَجَا مِنْ ضَمَّةِ اْلقَبْرِ اَحَدٌ لَنَجَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ وَ لَقَدْ ضُمَّ ضَمَّةً ثُمَّ اُرْخِيَ عَنْهُ. الترمذى و الطبرانى و البيهقى

Seandainya ada seorang yang dapat terselamat daripada himpitan kubur, nescaya terselamatlah Sa'ad Bin Mu'adz. Sesungguhnya ia telah di himpit dengan suatu himpitan, kemudian dikendurkan daripadanya.
(Hadith Riwayat Tirmidzi, Thabrani Dan Baihaqi)

° وَ اِنَّ ضَغْطَةَ اْلقَبْرِ عَلَى اْلمُؤْمِنِ كَاْلاُمّ الشَّفِيْقَةِ يَشْكُوْ اِلَيْهَا ابْنُهَا الصُّدَاعَ فَتَغْمَزُ رَأْسَهُ غَمْزًا رَفِيْقًا وَ لكِنْ يَـا عَائِشَةُ وَيْلٌ لِلشَّاكّيْنَ فِى اللهِ كَيْفَ يُضْغَطُوْنَ فِى قُبُوْرِهِمْ كَضَغْطَةِ الصَّخْرَةِ عَلَى اْلبَيْضَةِ. البيهقى و الديلمى

Sesungguhnya himpitan kubur ke atas mukmin itu, seperti ibu yang penyayang, yang anaknya mengadu sakit kepala kepadanya, lalu di picit olehnya dengan picitan yang lembut. Tetapi, ya 'Aisyah! Celakalah orang-orang yang syak tentang Allah Swt! Dengan amat dahsyat akan di himpit mereka itu di kubur-kubur mereka, sebagaimana himpitan batu gunung yang besar ke atas sebutir telur.
(Hadith Riwayat Baihaqi Dan Dailami)

° عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ نَبِيُّ اللهِ ص: اِنَّ اْلعَبْدَ اِذَا وُضِعَ فِى قَبْرِهِ وَ تَوَلَّى عَنْهُ اَصْحَابُهُ، اِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ. قَالَ: يَأْتِيْهِ مَلَكَاِن فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُوْلاَنِ لَهُ. مَا كُنْتَ تَقُوْلُ فِى هذَا الرَّجُلِ؟ قَالَ: فَاَمَّا اْلمُؤْمِنُ فَيَقُوْلُ: اَشْهَدُ اَنَّهُ عَبْدُ اللهِ وَ رَسُوْلُهُ. قَالَ: فَيُقَالُ لَهُ: اُنْظُرْ اِلَى مَقْعَدِكَ مِنَ النَّارِ قَدْ اَبْدَلَكَ اللهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنَ اْلجَنَّةِ. قَالَ نَبِيُّ اللهِ ص: فَيَرَاهُمَا جَمِيْعًا. قَالَ قَتَادَةُ: وَ ذُكِرَ لَنَا اَنَّهُ يُفْسَحُ لَهُ فِى قَبْرِهِ سَبْعُوْنَ ذِرَاعًا وَ يُمْـَلأُ عَلَيْهِ خَضِرًا اِلَى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ . مسلم (4 : 2200)

Dari Anas Bin Malik, ia berkata, Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sesungguhnya seorang hamba jika diletakkan di dalam kuburnya dan teman-temannya sudah meninggalkannya, ia mendengar suara sandal mereka. Kemudian ia didatangi dua malaikat, lalu mendudukkannya dan bertanya : "Apa pendapatmu tentang laki-laki ini (Nabi Muhammad Saw)?" Adapun orang mukmin akan menjawab : "Aku bersaksi bahawa dia hamba Allah Swt dan utusan-Nya." Maka dikatakan kepadanya : "Lihatlah tempat mu di neraka, Allah Swt telah menggantikannya dengan tempat mu di Syurga". Maka ia dapat melihat kedua-duanya." Qatadah berkata : "Dan disebutkan kepada kami bahawasanya mayat itu diluaskan kuburnya seluas 70 hasta dan dipenuhi kuburnya dengan kenikmatan sehingga hari mereka dibangkitkan. (Hadith Riwayat Muslim : Juz. 4, Hal. 2200)

° عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اْلمَيّتَ اِذَا وُضِعَ فِى قَبْرِهِ اِنَّهُ لَيَسْمَعُ خَفْقَ نِعَالِهِمْ اِذَا انْصَرَفُوْا. مسلم (4 : 2201)

Dari Anas Bin Malik, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya orang yang mati ketika diletakkan di dalam kuburnya, ia masih mendengar suara sandal orang-orang yang melawatnya ketika mereka pergi meninggalkannya." (Hadith Riwayat Muslim : Juz. 4, Hal. 2201)

° عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض اَنَّهُ حَدَّثَهُمْ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ اْلعَبْدَ اِذَا وُضِعَ فِى قَبْرِهِ وَ تَوَلَّى عَنْهُ اَصْحَابُهُ وَ اِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ اَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُوْلاَنِ: مَا كُنْتَ تَقُوْلُ فِى هذَا الرَّجُلِ لِمُحَمَّدٍ ص؟ فَاَمَّا اْلمُؤْمِنُ فَيَقُوْلُ: اَشْهَدُ اَنَّهُ عَبْدُ اللهِ وَ رَسُوْلُهُ. فَيُقَالُ لَهُ: اُنْظُرْ اِلَى مَقْعَدِكَ مِنَ النَّارِ قَدْ اَبْدَلَكَ اللهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنَ اْلجَنَّةِ.فَيَرَاهُمَا جَمِيْعًا.قَالَ وَاَمَّا اْلمُنَافِقُ وَاْلكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُوْلُ فِى هذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُوْلُ: لاَ اَدْرِى، كُنْتُ اَقُوْلُ مَا يَقُوْلُ النَّاسُ. فَيُقَالُ: لاَ دَرَيْتَ وَ لاَ تَلَيْتَ؟ وَ يُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ حَدِيْدٍ ضَرْبَةً فَيَصِيْحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيْهِ غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ. البخارى (2 : 102)

Dari Anas Bin Malik Radiyallahu'anhu, bahawasanya Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya apabila manusia diletakkan di dalam kuburnya, setelah teman-temannya berpaling dan pergi hingga ia mendengar suara sandal mereka, lalu datanglah kedua malaikat mendudukkannya dan bertanya kepadanya : "Apa yang dahulu kamu katakan (ketika di dunia) tentang laki-laki ini, iaitu Nabi Muhammad Saw?" Adapun orang mukmin, maka ia menjawab : "Aku bersaksi bahawa dia adalah hamba Allah Swt dan utusan-Nya". Maka dikatakan kepadanya : "Lihatlah tempat dudukmu di neraka, Allah Swt telah menggantikannya dengan tempat duduk mu di syurga." Maka ia melihat kedua-duanya. Ada pun orang munafiq dan kafir ketika ditanya : "Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini?" Ia akan menjawab : "Saya tidak tahu, saya dahulu mengatakan apa-apa yang dikatakan oleh orang-orang." Maka dikatakan kepadanya : "Kamu tidak tahu dan tidak membaca." Kemudian ia di pukul dengan pemukul dari besi di antara kedua-dua telinganya, lalu ia berteriak sekeras-kerasnya yang di dengar oleh apa yang di dekatnya selain jin dan manusia."
(Hadith Riwayat Bukhari : Juz. 2, Hal. 102)

° عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اْلخُدْرِيِّ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا وُضِعَتِ اْلجَنَازَةُ وَ احْتَمَلَهَا الرّجَالُ عَلَى اَعْنَاقِهِمْ فَاِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ قَدّمُوْنِى. وَ اِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ: يَا وَيْلَهَا، اَيْنَ تَذْهَبُوْنَ بِهَا؟ يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ اِلاَّ اْلاِنْسَانَ وَ لَوْ سَمِعَهُ صَعِقَ. البخارى (2 :87)

Dari Abu Sa'id Al-Khudriy Radiallahu'anhu, bahwasanya Rasulullah Saw bersabda : "Apabila jenazah diletakkan dan orang-orang mengangkatnya di atas pundak mereka, jika jenazah itu baik maka ia berkata : "Ajukanlah saya". Jika jenazah itu tidak baik maka ia berkata : "Wahai celakanya, kemanakah kalian pergi membawa jenazah?". Segala sesuatu mendengarnya kecuali manusia. Seandainya manusia mendengarnya, nescaya ia pengsan."
(Hadith Riwayat Bukhari : Juz. 2, Hal. 87)

° عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: اِذَا خَرَجَتْ رُوْحُ اْلمُؤْمِنِ تَلَقَّاهَا مَلَكَانِ يُصْعِدَانِهَا، قَالَ حَمَّادٌ: فَذَكَرَ مِنْ طِيْبِ رِيْحِهَا وَ ذَكَرَ اْلمِسْكَ، قَالَ: وَ يَقُوْلُ اَهْلُ السَّمَاءِ: رُوْحٌ طَيّبَةٌ جَاءَتْ مِنْ قِبَلِ اْلاَرْضِ صَلَّى اللهُ عَلَيْكِ وَ عَلَى جَسَدٍ كُنْتِ تَعْمُرِيْنَهُ. فَيُنْطَلَقُ بِهِ اِلَى رَبّهِ عَزَّ وَ جَلَّ ثُمَّ يَقُوْلُ: اِنْطَلِقُوْا بِهِ اِلَى آخِرِ اْلاَجَلِ. قَالَ: وَ اِنَّ اْلكَافِرَ اِذَا خَرَجَتْ رُوْحُهُ قَالَ حَمَّادٌ: وَ ذَكَرَ مِنْ نَتْنِهَا وَ ذَكَرَ لَعْنًا وَ يَقُوْلُ اَهْلُ السَّمَاءِ: رُوْحٌ خَبِيْثَةٌ جَاءَتْ مِنْ قِبَلِ اْلاَرْضِ. قَالَ: فَيُقَالُ: اِنْطَلِقُوْا بِهِ اِلَى آخِرِ اْلاَجَلِ. قَالَ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: فَرَدَّ رَسُوْلُ اللهِ ص رَيْطَةً كَانَتْ عَلَيْهِ عَلَى اَنْفِهِ هكَذَا. مسلم (4 : 2202)

Dari Abu Hurairah, ia berkata : "Apabila roh orang mukmin keluar, dua malaikat menjemputnya dan membawanya naik." (Hammad berkata : "Abu Hurairah menyebutkan harum baunya seperti minyak wangi.") Dan penghuni langit berkata : "Ini adalah roh yang baik yang datang dari bumi. Semoga Allah Swt memberikan rahmat kepada mu dan kepada jasad yang engkau tempati." Lalu roh itu di bawa ke hadapan Tuhannya 'Azza Wa Jalla, lalu Dia berfirman : "Bawalah ia ke batas yang terakhir (Sidratul Muntaha)." Dan apabila roh orang kafir keluar, (Hammad berkata : "Abu Hurairah menyebutkan busuknya bau roh itu dan ia di laknati.") Kemudian penghuni langit berkata : "Ini adalah roh yang jelek yang datang dari bumi." Kemudian Allah Swt berfirman : "Bawalah ia ke tempat terakhir (ke Sijjin)." Abu Hurairah berkata : "Lalu Rasulullah Saw menutupkan kain tipis ke hidungnya demikian."
(Hadith Riwayat Muslim : Juz. 2, Hal. 2202)

° عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: ( يُثَبّتُ اللهُ الَّذِيْنَ امَنُوْا بِاْلقَوْلِ الثَّابِتِ ) قَالَ: نَزَلَتْ فِى عَذَابِ اْلقَبْرِ فَيُقَالُ لَهُ: مَنْ رَبُّكَ؟ فَيَقُوْلُ رَبّيَ اللهُ وَ نَبِيّى مُحَمَّدٌ ص. فَذلِكَ قَوْلُهُ عَزَّ وَجَلَّ: ( يُثَبّتُ اللهُ الَّذِيْنَ امَنُوْا بِاْلقَوْلِ الثَّابِتِ فِى اْلحَيوةِ الدُّنْيَا وَ فِى اْلاخِرَةِ ). مسلم (4 : 2201)

Dari Baraa' Bin 'Aazib, dari Rasulullah Saw, baginda membaca 'Yutsabbitull Loohul Ladziina Aamanuu Bil Qoulits Tsaabit' (Allah Swt meneguhkan iman orang-orang mukmin dengan ucapan yang teguh - Surah Ibrahim : Ayat 27), lalu baginda bersabda : "Ayat ini diturunkan mengenai seksa kubur." Ditanyakan kepada orang mukmin : "Siapakah Tuhan mu?" Ia menjawab : "Tuhan ku ialah Allah Swt, dan Nabi ku Muhammad Saw." Itulah yang dimaksudkan dengan firman Allah Swt : "Allah Swt meneguhkan iman orang-orang mukmin dengan ucapan yang teguh di dalam kehidupan dunia dan akhirat." (Hadith Riwayat Muslim : Juz. 4, Hal. 2201)

° عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ عُمَرَ بَيْنَ مَكَّةَ وَ اْلمَدِيْنَةِ فَتَرَاءَيْنَا اْلهِلاَلَ وَ كُنْتُ رَجُلاً حَدِيْدَ اْلبَصَرِ فَرَاَيْتُهُ وَ لَيْسَ اَحَدٌ يَزْعُمُ اَنَّهُ رَآهُ غَيْرِى. قَالَ: فَجَعَلْتُ اَقُوْلُ لِعُمَرَ: اَمَا تَرَاهُ؟ فَجَعَلَ لاَ يَرَاهُ. قَالَ: يَقُوْلُ عُمَرُ: سَاَرَاهُ وَ اَنَا مُسْتَلْقٍ عَلَى فِرَاشِى ثُمَّ اَنْشَأَ يُحَدّثُنَا عَنْ اَهْلِ بَدْرٍ. فَقَالَ: اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَ كَانَ يُرِيْنَا مَصَارِعَ اَهْلِ بَدْرٍ بِاْلاَمْسِ يَقُوْلُ: هذَا مَصْرَعُ فُلاَنٍ غَدًا، اِنْ شَاءَ اللهُ، قَالَ فَقَالَ عُمَرُ. فَوَ الَّذِى بَعَثَهُ بِاْلحَقّ مَا اَخْطَئُوا اْلحُدُوْدَ الَّتِى حَدَّ رَسُوْلُ اللهِ ص. قَالَ: فَجُعِلُوْا فِى بِئْرٍ بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ فَانْطَلَقَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى انْتَهَى اِلَيْهِمْ فَقَالَ: يَا فُلاَنَ بْنَ فُلاَنٍ وَ يَا فُلاَنَ بْنَ فُلاَنٍ هَلْ وَجَدْتُمْ مَا وَعَدَكُمُ اللهُ وَ رَسُوْلُهُ حَقًّا؟ فَاِنّى قَدْ وَجَدْتُ مَا وَعَدَنِى اللهُ حَقًّا. قَالَ عُمَرُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ تُكَلّمُ اَجْسَادًا لاَ اَرْوَاحَ فِيْهَا؟ قَالَ: مَا اَنْتُمْ بِاَسْمَعَ لِمَا اَقُوْلُ مِنْهُمْ غَيْرَ اَنَّهُمْ لاَ يَسْتَطِيْعُوْنَ اَنْ يَرُدُّوْا عَلَيَّ شَيْئًا. مسلم (4 : 2202)

Dari Anas Bin Malik, ia berkata : "Dahulu kami berada di antara Makkah dan Madinah bersama 'Umar. Kami berusaha melihat bulan (tanggal muda), sedangkan aku orang yang berpenglihatan tajam, maka aku dapat melihatnya, dan tidak ada seorang pun yang menyangka bahawa selain aku dapat melihatnya. Kemudian aku berkata kepada 'Umar : "Apakah kamu dapat melihatnya?" Ternyata ia tidak melihatnya, lalu 'Umar berkata : "Aku akan melihatnya dengan berbaring di atas pembaringanku." Kemudian ia mulai bercerita kepada kami tentang Ahli Badr, katanya : "Sesungguhnya Rasulullah Saw dahulu pernah menunjukkan kepada kami tempat-tempat terbunuhnya Ahli Badr sebelum terjadi. Sabda baginda : "Ini tempat terbunuhnya si fulan esok, Insya'allah." 'Umar berkata : "Demi Tuhan yang telah mengutusnya dengan haq, mereka (yang terbunuh) tidak melampaui batas-batas tempat yang telah ditetapkan oleh Rasulullah Saw. Kemudian mereka dimasukkan ke dalam sumur, bertumpuk-tumpuk, setelah itu baginda menuju ke tempat mereka, lalu bersabda : "Hai si fulan bin fulan, hai fulan bin fulan, apakah kamu telah mendapatkan apa yang pernah dijanjikan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya dengan nyata? Sesungguhnya aku telah mendapatkan apa yang pernah dijanjikan oleh Allah Swt kepada ku dengan nyata." 'Umar berkata : "Ya Rasulullah Saw, bagaimana engkau berbicara dengan jasad-jasad yang tidak mempunyai roh?" Baginda bersabda : "Kamu tidak lebih mendengar daripada mereka akan apa yang aku katakan, hanya saja mereka tidak dapat menjawab kepada ku sedikitpun."
(Hadith Riwayat Muslim : Juz. 4, Hal. 2202)

Nota : Ini hanyalah sebahagian keadaan di mana setiap orang yang hidup pasti akan melaluinya.

Wallahu'alam...

Tiada ulasan: